Selasa, 04 Mei 2021

Pengertian Sistem Rem dan Macam-macam Rem

 

REM PADA SEPEDA MOTOR

 

1.    Pengertian rem sepeda motor

Pada hakekatnya prinsip kerja pada sebuah sistem rem berupa melakukan perubahan dari tenaga kinetik (gerak) dirubah menjadi panas lewat adanya gesekan yang terjadi antara dua buah logam benda berputar, yang menyebabkan putaran menjadi melambat. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebuah sepeda motor laju kecepatannya menjadi pelan atau berhenti disebabkan oleh adanya mekanisme kerja rem. Sistem rem pada suatu kendarann khususnya pada sepeda motor itu wajib adanya karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara.

2.    Tipe Rem Sepeda Motor

Sistem rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan tersebut menjadi tenaga panas. Perubahan tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen-komponen bergerak yang dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan.

Pada dasarnya ada 3 tipe sistem rem yang dipakai pada sepeda motor diantaraya sebagai berikut :

1.      Rem cakram

          Rem cakram adalah sistem pengereman yang memakai dengan cara di jepit untuk mengurangi dan menghentikan putaran sebuah piringan yang berada pada roda kendaraan. Sistem rem cakram ini diklaim lebih sederhana dan lebih responsif dibandingkan dengan jenis rem yang lainnya karena mempunyai penampang rem yang lebih kecil tapi memiliki daya gersek yang sangat kuat yang saling menekan gaya gesekan sehingga proses pengereman dibilang lebih efektif.

 


 

2.      Rem tromol

        Rem tromol adalah sistem pengereman pada kendaraan, yang menggunakan metode gesekan antara kampas dengan sebuah komponen berbentuk mangkuk. Perbedaannya dengan rem cakram ada pada arah gesekan. Rem cakram memiliki arah gesekan yang saling mendekati (menjepit), sehingga pada rem cakram piringan terdapat ditengah dua kampas. Namun pada rem tromol, arah gesekan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakan disisi luar dari dua kampas rem.


 

3.      Rem ABS

       Rem ABS adalah singkatan anti lock braking system yang merupakan dari inovasi sistem pengereman pada kendaraan untuk menjaga keselamatan pengendara dengan mekanismenya dapat menghindari terjadinya penguncian roda ketika dilakukan penghentian laju secara mendadak. Teknologi pengereman baru Anti-lock Braking System (ABS) pada sepeda motor konon mampu meredam kecelakaan sepeda motor sampai 27%. Sistem rem ABS disematkan di sepeda motor agar pada saat pengereman mendadak sepeda motor tidak selip atau ngepot. Ini dianggap sangat penting, apalagi ketika jalanan basah ataupun licin.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar