Sabtu, 04 Maret 2023

SOAL ESSAY PEMELIHARAAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR | KELAS XI TBSM

 

1.    Lampu kepala (jauh dan dekat) pada sepeda motor menganut system AC (arus bolak-balik) yang dimana lampu akan hidup ketika mesin dihidupkan, hal ini berarti sumber arus yang didapatkan berasal dari spull, kenapa pada lampu tidak putus sedangkan arus tegangan yang dihasilkan spull lebih dari 12 Volt?

2.      Jelaskan bagaimana perbedaan yang mendasar dari sumber arus tegangan AC dan DC?

3.   Menurut kalian lampu kepala dengan system arus DC apakah akan lebih terang nyala lampunya dari pada system arus AC? Jelaskan alasannya!

4.   Pada lampu kepala sepeda motor sumber tegangan berasal dari spull atau sumber tegangan AC. Pada suatu kasus sepeda motor dicek baterai aki berada pada tegangan 5 volt, apakah hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi nyala lampu kepala tersebut?

5.     Pada komponen flasher lampu tanda belok (sein) terdapat 2 terminal yaitu terminal B dan L. Terminal B mendapatkan arus dari …… dan Terminal L menuju ke ………

6.     Jika terdapat lampu tanda belok (sein) terjadi suatu masalah, ketika menggarahkan saklar sein ke salah satu sisi kanan ataupun kiri, tetapi keempat lampunya menyala secara bersamaan, menurut kalian apa yang terjadi?

7.    Pada lampu belakang sepeda motor, terdapat 2 lampu yaitu lampu kota/seri dan lampu rem, jika pada saat pedal rem ditekan lampu rem tidak menyala tetapi setelah dicek lampu tidak putus, apa yang terjadi demikian?

8.   Klakson pada sepeda motor memiliki 2 terminal yang dialiri arus positif dan negative agar klakson dapat hidup. Jika penyambungan ke 2 terminal tersebut dibalik apakah klakson akan tetap bisa hidup?

9.    Pada sepeda motor terdapat komponen regulator/kiprok, komponen tersebut berfungsi untuk? Dan jika mengalami kerusakan apa yang akan terjadi pada system kelistrikan?

10. Jelaskan langkah dalam melakukan pengecekan arus aki/baterai dengan menggunakan alat ukur multitester?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar