1. Lampu
kepala (jauh dan dekat) pada sepeda motor menganut system AC (arus bolak-balik)
yang dimana lampu akan hidup ketika mesin dihidupkan, hal ini berarti sumber
arus yang didapatkan berasal dari spull, kenapa pada lampu tidak putus
sedangkan arus tegangan yang dihasilkan spull lebih dari 12 Volt?
2. Jelaskan
bagaimana perbedaan yang mendasar dari sumber arus tegangan AC dan DC?
3. Menurut
kalian lampu kepala dengan system arus DC apakah akan lebih terang nyala
lampunya dari pada system arus AC? Jelaskan alasannya!
4. Pada
lampu kepala sepeda motor sumber tegangan berasal dari spull atau sumber
tegangan AC. Pada suatu kasus sepeda motor dicek baterai aki berada pada
tegangan 5 volt, apakah hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi nyala lampu
kepala tersebut?
5. Pada
komponen flasher lampu tanda belok (sein) terdapat 2 terminal yaitu terminal B
dan L. Terminal B mendapatkan arus dari …… dan Terminal L menuju ke ………
6. Jika
terdapat lampu tanda belok (sein) terjadi suatu masalah, ketika menggarahkan
saklar sein ke salah satu sisi kanan ataupun kiri, tetapi keempat lampunya menyala
secara bersamaan, menurut kalian apa yang terjadi?
7. Pada
lampu belakang sepeda motor, terdapat 2 lampu yaitu lampu kota/seri dan lampu
rem, jika pada saat pedal rem ditekan lampu rem tidak menyala tetapi setelah
dicek lampu tidak putus, apa yang terjadi demikian?
8. Klakson
pada sepeda motor memiliki 2 terminal yang dialiri arus positif dan negative
agar klakson dapat hidup. Jika penyambungan ke 2 terminal tersebut dibalik
apakah klakson akan tetap bisa hidup?
9. Pada
sepeda motor terdapat komponen regulator/kiprok, komponen tersebut berfungsi
untuk? Dan jika mengalami kerusakan apa yang akan terjadi pada system
kelistrikan?
10. Jelaskan
langkah dalam melakukan pengecekan arus aki/baterai dengan menggunakan alat
ukur multitester?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar