Sabtu, 26 Maret 2022

SOAL KEJURUAN TBSM KELAS X | PILIHAN GANDA

 

SOAL KEJURUAN SMK KELAS X TSM

 

PILIHAN GANDA

 

1.    Open end spanner merupakan nama lain dari ...

a.       Kunci pas

b.      Kunci ring

c.       Kunci pas ring

d.      Kunci shock

e.       Tang

 

2.    Combination spanner merupakan nama lain dari ...

a.       Kunci pas

b.      Kunci ring

c.       Kunci pas ring

d.      Kunci shock

e.       Tang

 

3.    Kunci yang dapat diatur besar kecil rahangnya disebut .....

a.       Kunci ring

b.      Kunci pas ring

c.       Kunci shock

d.      Tang

e.       Kunci inggris

 

4.    Peralatan bengkel dalam penggunaannya mengerahkan tenaga manusia tanpa bantuan tenaga listrik dan atau lainnya disebut ...

a.       Hand tools

b.      Power tools

c.       Drill tools

d.      Grinding tools

e.       Docket tools

 

5.    Pada kunci pas, bentuk kepala terhadap gagang membentuk sudut ...

a.       300

b.      450

c.       600

d.      900

e.       150

 

6.    Apabila katup hisap dan katup buang terbuka, dan piston bergerak dari TMA ke TMB maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha

7.    Apabila katup hisap tertutup dan katup buang terbuka, dan piston bergerak dari TMB ke TMA maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha

8.    Dalam proses pembakaran akan terjadi bila terdapat komponen-komponen, kecuali . . . .
a. Api
b. Bensin
c. Udara
d. Bahan bakar
e. Diafragma

 

9.    Alat yang berfungsi untuk mengontrol jumlah campuran yang masuk kedalam silinder guna mengontrol tenaga dan kecepatan sepeda motor adalah . . . .
a. Filter udara
b. Tangki bahan bakar
c. Konduktor
d. Isolator
e. Karburator

10. Berapakah sudut yang dibutuhkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor 4 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°

11. Berapakah sudut yang dibutuhkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor 2 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°

 

12. Dibawah ini yang bukan merupakan keuntungan motor 4 langkah adalah . . . .
a. Efisien dalam penggunaan bahan bakar
b. Konstruksi rumit
c. Motor bekerja lebih halus pada putaran rendah
d. Perolehan tenaga lebih maksimum
e. Sistem pelumasan relatif lebih sempurna

13.  Brosur motor Suzuki Smash memuat data diameter silindernya 53,5 mm dengan langkah piston 48,8 mm, tentukan volume langkahnya . . . .
a. 109,7 cc
b. 105,5 cc
c. 85,9 cc
d. 101,7 cc
e. 100,7 cc

14.  Dalam menentukan volume langkah dapat dihitung dengan rumus :
 a. D² L
p. ½
 b. 4 D² L
p.
 c. D² L
p.
 d. 4 D² N
p.
 e. r² L
p. ¼

 

15. Dalam menentukan volume kompresi dapat dihitung dengan rumus :
     a. Vc = Ï€/4.D².S
     b. Vc = 4.D².S
     c. Vc = Vs – Vl
     d. Vc = Vs + Vl
     e. Vc = Vs : V1

16. Dalam menentukan perbandingan kompresi dapat dihitung dengan rumus :
    a. E = (Vs + Vc) : Vc
    b. E = Vs : Vc
    c. E = (Vs + Vc) : Vs
    d. E = Vc : Vs
    e. E = Vs + Vc

 

17. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 4 langkah adalah . . . .

a.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

b.    Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

c.    Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

d.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

e.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam 1 putaran poros engkol.

 

18. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 2 langkah adalah . . . .

a.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

b.    Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

c.    Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

d.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.

e.    Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam 1 putaran poros engkol

19. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran menengah dan tinggi adalah . . . .
      a. Main Jet
      b. Slow Jet
      c. Piston Valve Screw
      d. Pompa akselerasi
      e. ACV

 

20. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran rendah dan menengah adalah . . . .
     a. Main Jet
     b. Slow Jet
     c. Piston Valve Screw
     d. Pompa akselerasi
     e. ACV

 

21. Perhatikan gambar dibawah ini.
Dari gambar disamping adalah menunjukkan proses kerja karburator pada saat . . . .
a. Kecepatan rendah
b. Idle speed
c. Kecepatan sedang
d. Acseleration
e. Kecepatan tinggi

 

22.  Dalam penyetelan campuran bahan bakar pada karburator, jika pilot screw diputar ke kanan maka . . . .
      a. Campuran bahan bakar menjadi kurus
      b. Jumlah campuran menjadi terlalu banyak udara
      c. Jumlah campuran menjadi kaya
     d.  Jumlah campuran tetap saja
     e.  Jumlah campuran berkurang

23. Pada saat melakukan engine Tune up, dalam melakukan penyetelan celah katup yang diijinkan adalah pada saat mesin langkah . . . .
      a. Akhir Langkah isap
      b. Akhir Langkah buang
      c. Akhir Langkah usaha
      d. Akhir Langkah kompresi
      e. Semua langkah bisa disetel

24. Dalam pengecekan sepeda motor, ternyata hasil jarak renggang katup masuknya adalah tidak ada renggangnya, maka akibatnya adalah . . . .
      a. Motor bisa lari kencang
      b. Motor berbunyi gemeritik
      c. Motor tidak ada perubahan
      d. Motor akan bunyi langsung mati
      e. Motor kompresinya akan hilang karena terjadi kebocoran

25. Sepeda motor Honda Supra mempunyai diameter silinder 50 mm dan panjang langkahnya = 49,5 mm, hitunglah volume silindernya . . . .
      a. 100 cc
      b. 100 cc
      c. 97,1 cc
      d. 97,1 cc
      e. 99,5 cc

26. Perbandingan Kompresi Sepeda Motor Honda Supra = 8,8 : 1. Isi silinder 97,1 cc. Isi ruang bakarnya dapat dihitung . . . .
      a. 12,4 cc
      b. 12,4 cc
      c. 13,1 cc
      d. 13,1 cc
      e. 12,5 cc

27. Dalam kerjanya karburator harus dapat mempertahankan komposisi campuran tersebut baik pada putaran mesin idle, menengah, tinggi dan beban maksimum. Berapakah campuran yang   ideal antara bahan bakar dan udara pada kendaraan bermotor ?
      a. 1 : 5
      b. 1 : 10
      c. 1 : 15
      d. 1 : 20
      e. 1 : 25

28. Perhatikan gambar disamping. Posisi clip pada jet needle sangat mempengaruhi campuran bahan bakar, jika posisi clip berada di posisi paling atas maka dapat disumpulkan campurannya adalah . . . .
      a. Kaya
      b. Agak kaya
      c. Sedang
      d. Agak miskin
      e. Miskin

29. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Celah katup terlalu renggang ataupun terlalu rapat akan mengakibatkan tenaga motorpun juga terjadi perubahan. Maka dalam melakukan perawatan sepeda motor rata-rata celah katup yang benar untuk type cub adalah . . . .
       a. 0,2 – 0,5 mm
       b. 0,02 – 0,05 mm
       c. 0,3 – 0,7 mm
       d. 0,03 – 0,09 mm
       e. 0,5 mm

30. Penyetelan celah katup sepeda motor perlu menepatkan posisi katup, untuk memastikan posisi tersebut langkah anda sebagai mekanik adalah . . .
      a. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda T rotor dengan tanda pada body
          sepeda motor
      b. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda F rotor dengan tanda pada body
          sepeda motor
      c. Memutar rotor magnet dan menepatkan piston posisi teratas.
      d. Membuka tutup timing gear dan menepatkan tanda nol tepat di belakang

e. Memutar rotor magnet sambil melihat katup IN turun dan naik lagi kemudian  tepatkan tanda T dan tanda pada body sepeda motor.

 

31. Dalam penyetelan campuran bahan bakar dan udara pada karburator, nama komponen untuk menyetel campuran tersebut adalah . . . .
      a. Pilot screw
      b. Pilot air screw
      c. Pilot air bleed
      d. Pilot outlet
      e. Main screw

32. Dibawah ini yang bukan merupakan mekanisme katup adalah ....
      a. SV (Single Valve)
      b. OHV (Over Head Valve)
      c. OHC (Over Head Camshaft)
      d. BOHC (Bubble Over Head Camshaft)
      e. DOHC (Double Over Head Camshaft)

33. Salah satu fungsi sistem pelumas pada mesin sepeda motor adalah, kecuali . . . .
      a. Pendingin
      b. Perapat
      c. Peredam
      d. Penggesek
      e. Pembersih

34. Sistem pelumas motor 2 tak dengan cara mencampur langsung minyak pelumas/oli pada tangki bensin pada perbandingan tertentu. Jika diketahui perbandingan antara bensin dengan minyak pelumas/oli adalah 24 : 1, artinya bila kita mempunyai 6 liter bensin maka dicampur dengan berapa minyak pelumas . . . .
      a. 250 ml
      b. 200 ml
      c. 500 ml
      d. 350 ml
      e. 400 ml

35. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan rendah 12 v menjadi sumber tegangan tinggi ± 10.000 V adalah . . . .
       a. Alternator
       b. Ignition Coil
       c. Generator
       d. Kapasitor
       e. Kondensor

36. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api pada platina seperti percikan apa pada busi adalah . . . .
      a. Alternator
      b. Ignition Coil
      c. Generator
      d. Kapasitor
      e. Kondensor

37. Pada sistem pengapian Arus listrik AC (Alternating Current), dari manakah didapatkan sumber arus listriknya . . . .
      a. Alternator
      b. Ignition Coil
      c. Transistor
      d. Kapasitor
      e. Kondensor

38. Komponen pada sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi/persneling adalah . . . .
      a. Balancer shaft
      b. Crank case
      c. Cam Shaft
      d. Clutch
      e. Connecting rod

39. Menurut cara kerjanya, tipe kopling yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis yaitu . .
      a. Kopling tunggal dan kopling ganda
      b. Kopling basah dan kopling kering
      c. Kopling otomatis dan kopling manual
      d. Kopling manual dan kopling V belt
      e. Kopling hidrolik dan kopling pneumatic

40. Kopling yang penempatannya berada di luar ruang oli dan selalu terbuka dengan udara luar untuk menyalurkan panas yang dihasilkan saat kopling bekerja adalah . . . .
      a. Kopling tunggal
      b. Kopling basah
      c. Kopling manual
      d. Kopling kering
      e. Kopling otomatis

 

41. Apa kepanjangan dari APAR ?

a.       Alat Pembakar Api Ringan

b.      Alat Penyemprot Api Ringan

c.       Alat Pemadan Api Ringan

d.      Alat Penghisap Air Ringan

e.       Alat Pendingin Air Radiator

 

42. Berikut komponen dari APAR kecuali

a.       Handel

b.      Nozzle

c.       Sabuk Tabung

d.      Penyemprot

e.       Selang Air

 

43.  APAR dikenal juga dengan istilah …

a.       Portable Fire Extinguisher

b.      Portable Fire Pressure

c.       Portable Air Pressure

d.      Portable Fire Exiting

e.       Portable Fire Impact

 

44. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi gambar adalah….

a.       Menerangkan rangkaian yang akan dirakit

b.      Menyuplai komponen yang pernah dibuat

c.       Menyimpan komponen yang pernah diproduksi

d.      Sebagai media penyampai informasi teknis dari suatu benda

e.       Menerangkan bentuk fisik komponen

 

45. Berikut ini pernyataan yang tepat untuk menggambarkan arti gambar teknik, kecuali

a.       Bersifat tegas

b.      Terdiri dari garis-garis berstandar

c.       Terdiri dari simbol-simbol berstandar

d.      Terdiri dari tulisan tegak yang berstandar

e.       Tidak ada jawaban yang tepat

 

46. Jangka adalah alat untuk menggambar….

a.       Angka

b.      Garis lurus

c.       Huruf

d.      Lingkaran

e.       Segitiga

 

47. Sifat kekerasan dari pensil 3H, 2H, H, F, HB, B adalah….

a.       Keras

b.      Lunak

c.       Sedang

d.      Hitam

e.       Keras dan agak hitam

 

48. Garis yang digunakan sebagai garis nyata terhalang, adalah ....

a.       Garis sumbu

b.      Garis tebal kontinyu

c.       Garis putus-putus

d.      Garis tipis kontinyu

e.       Garis zig-zag

 

49. Garis tebal kontinyu digunakan untuk….

a.       Garis arsir

b.      Garis potong

c.       Garis ukuran

d.      Garis bayangan

e.       Garis tepi

 

50. Berikut ini merupakan Undang-undang yang memuat tentang Keselamatan Kerja......

b.      UU No.1 Thn 1971

c.       UU No.2 Thn 1977

d.      UU No.1 Thn 1977

e.       UU No.1 Thn 1970

f.        UU no.2 Thn 2020

 

 

Kamis, 24 Maret 2022

11 KOMPONEN KARBURATOR SEPEDA MOTOR YANG HARUS ANDA KETAHUI

 

KOMPONEN KARBURATOR SEPEDA MOTOR DAN FUNGSINYA

Karburator merupakan komponen yang penting dalam sepeda motor, dimana fungsinya untuk proses mencampur udara dan bahan bakar sebelum dimasukkan ke dalam silinder (ruang pembakaran). Proses pencampuran udara dan bahan bakar yang didapatkan dari karburator tidak boleh sembarang. Diperlukan komposisi yang tepat untuk mendapatkan proses pembakaran yang sempurna. Oleh karena itu, kualitas serta kondisi karburator haruslah terawat dan terjaga. Untuk menjaga kondisi karburator tetap baik, kamu harus rajin membersihkan karburator motor secara rutin.

Berikut komponen karburator yang wajib kalian ketahui :

1.    Mangkok Pelampung Karburator (Fload Chamber)

Mangkok Pelampung Karburator atau sering disebut sebagai Float Chamber. berfungsi untuk untuk menampung sementara bahan bakar yang berasal dari tangki bahan bakar sebelum dicampur dengan udara yang akan dimasukkan ke dalam ruang pembakaran.

2.    Pelampung (Fload)

Fungsi dari komponen ini untuk mengatur bahan bakar yang ada pada mangkok agar tidak melebihi takaran. Dengan begitu kondisi karburator yang banjir tidak akan terjadi dengan adanya komponen ini.

3.    Jarum Pelampung (Fload Valve)

Jarum Pelampung memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai penutup saluran suplai bahan bakar yang berasal dari tangki, apabila bahan bakar yang ada di dalam mangkok pelampung telah terisi penuh.

4.    Katup gas/skep (Throttle Valve)

Fungsi utama dari komponen ini yaitu sebagai pengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang nantinya akan di teruskan  ke dalam ruang pembakaran.

5.    Pegas katup gas/per skep (throttle valve spring)

Komponen ini terletak di bagian atas karburator motor berada pada tutup pengatur katup gas. Fungsi utama dari Pegas Katup Gas adalah menjaga katup agar tetap tertutup saat tidak menarik tuas gas. Pegas Katup Gas ini juga berfungsi untuk mengembalikan posisi katup ke posisi semula saat tuas gas dilepas.

6.    Pemancar

Komponen karburator motor yang memiliki fungsi untuk mengontrol aliran bahan sistem pada putaran rendah dan tinggi dibagi menjadi dua, yaitu:

a.    Slow jet/Pilot jet

Mempunyai tugas untuk dapat mengontrol dan mengatur aliran bahan bakar pada sistem dengan putaran rendah (stasioner) dan mengenah. Dan semakin besar ukurannya, maka semakin besar pula bahan bakar yang akan bisa di salurkan.

b.    Main jet

Komponen karburator motor yang memiliki fungsi untuk mengontrol aliran bahan sistem pada putaran menengah dan tinggi. Semakin besar ukurannya, maka akan semakin besar pula bahan bakar yang dialirkan.

7.    Jarum skep/jarum gas (Jet Needle)

Fungsi dari komponen karburator satu ini adalah untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui Main Jet dengan kondisi saat motor digas dengan pembukaan katup 1/4 sampai dengan 3/4. Tak hanya itu, Jarum Gas juga memiliki peran penting terhadap besar kecilnya lubang Needle Jet. Bentuk dari komponen ini sedikit tirus, sehingga pada saat Jet Needle ditarik, maka diameter dari lubang Needle Jet akan berubah sesuai dengan katup gas yang ada.

8.    Needle Jet

Nama dari komponen yang satu ini memang mirip dengan sebelumnya, namun bentuknya sedikit lebih tirus dibanding Jet Needle. Oleh karena itu, ukuran dari Needle Jet akan berubah menyesuaikan dengan bukaan dari Katup Gas. Fungsinya sendiri adalah untuk mengontrol besar kecilnya lubang yang masih berhubungan dengan bagian venturi. 

9.    Sekrup gas (Throttle screw)

Komponen satu ini berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.

10. Sekrup udara (Air screw/pilot screw)

Sementara itu komponen karburator motor yang terakhir bernama Air Screw atau Pilot Screw. Yang mana komponen ini merupakan sebuah sekrup yang akan dapat kita gunakan untuk mengatur banyakanya udara dan bahan bakar yang akan melewati orifice.

11. Katup cok (Choke Valve)

Fungsinya adalah untuk menutup udara luar yang masuk menuju karburator sehingga kaya akan gas dan dapat digunakan saat waktu starter.

 

Ternyata komponen karburator cukup lengkap dan memiliki peran yang sangat penting dari masing-masing komponen. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk pengetahuan otomotif kamu.

Terima kasih.