SOAL DAN JAWABAN PEMELIHARAAN MESIN TBSM KELAS XI
1. Komponen yang memiliki tugas untuk menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk, yaitu...
a. injektor
a. injektor
b. karburator
c. intake manifold
d. saringan udara
e. knalpot
2. Pencegahan emisi gas buang pada kendaraan bermotor adalah...
a. memperbaiki kendaraan secara teratur
b. merawat kendaraan secara teratur
c. menggunakan bahan bakar tanpa timble
d. memperbaharui mesin
e. a, b, c, dan d benar
3. Guna pelampung pada karburator adalah...
a. untuk menyuplai pemasukan bensin pada putaran tinggi
b. untuk mengapung didalam cairan bahan bakar
c. untuk mengatur pemasukan bahan bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d. untuk mengatur tinggi rendahnya bahan bakar
e. untuk menyuplai pemasukan bensin pada putaran rendah
4. Urutan kerja yang benar jika membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas berikut, yaitu...
a. disemprot dari arah luar, dalam, luar
b. disemprot dari arah dalam, luar, dalam
c. dicelup disolar, diperas, disemprot
d. disemprot, dilumasi oli
e. disemprot dari dalam, luar, dalam dan setelah itu dilumasi pakai oli
5. Fungsi dari sistem bahan bakar, yaitu...
a. untuk mencampur udara dan bahan bakar
b. untuk mencampur air dan bahan bakar
c. untuk mencampur udara dan bahan bakar
d. untuk mencampur bahan bakar dan minyak
e. untuk mencampur minyak dan udara
6. Berikut komponen-komponen agar proses pembakaran akan terjadi, kecuali...
a. api
b. udara
c. bahan bakar
d. minyak
e. diafragma
7. Berikut yang termasuk komponen pada sistem bahan bakar mekanik yaitu....
a. tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, suspensi
b. tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, karburator
c. tangki bahan bakar, propeler, karburator
d. tangki bahan bakar, transmisi, suspensi
e. tangki bahan bakar, karburator, suspensi
8. Pada sistem bahan bakar terdapat tiga saluran bahan bakar yaitu saluran yang menyalurkan...
a. bahan bakar dari tangki ke pompa bahan bakar, bahan bakar kembali dari karburator ke tangki, dan gas HC dari dalam tangki bahan bakar ke charcoal canister
b. bahan bakar dari tangki ke karburator, bahan bakar kembali dari karburator ke tangki, dan gas HC dari dalam tangki bahan bakar ke charcoal canister
c. bahan bakar dari tangki ke venturi, bahan bakar kembali dari karburator ke tangki, dan gas HC dari dalam tangki bahan bakar ke charcoal canister
d. bahan bakar dari tangki ke pelampung, bahan bakar kembali dari karburator ke tangki, dan gas HC dari dalam tangki bahan bakar ke charcoal canister
e. bahan bakar dari tangki ke karburator, bahan bakar kembali dari venturi ke tangki, dan gas HC dari dalam tangki bahan bakar ke charcoal canister
9. Pompa bahan bakar ada 2 jenis, yaitu...
a. mekanik dan buatan
b. listrik dan mekanik
c. listrik dan plastik
d. plastik dan alumunium
e. plastik dan mekanik
10. Komponen yang berfungsi untuk menampung sementara uap bensin yang berasal dari ruang pelampung pada karburator yaitu...
a. tangki bahan bakar
b. filter
c. charcoal canister
d. karburator
e. venturi
11. Komponen yang berfungsi untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar dan mengalirkan ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin yaitu...
a. tangki bahan bakar
b. filter
c. pompa bahan bakar
d. charcoal canister
e. karburator
12. Agar dapat bekerja sesaui dengan kondisi kerja mesin, maka karburator dibagi menjadi beberapa sistem, kecuali...
a. sistem cuk
b. sistem pelampung
c. sistem kecepatan rendah
d. sistem pengisian
e. sistem transmisi
13. Guna menjamin perbandingan bahan bakar dan udara (air-fuel ratio) ke mesin dengan penginjeksian bahan bakar yang bekerja secara kelistrikan sesuai dengan kondisi pengendaraan merupakan fungsi dari...
a. carburator system
b. EFI system
c. acceleration system
d. power system
e. choke system
14. Kelebihan utama sistem injeksi kontrol elektronik (EFI) dibanding sistem karburator yaitu...
a. harga murah dan perawatan mudah
b. perawatan mudah dan tenaga besar
c. emisi rendah dan bahan bakar irit
d. mampu untuk perjalanan jauh
e. tidak menggunakan busi
15. Jumlah bensin yang disemprotkan melalui injektor kemasing-masing intake manifold pada sistem EFI secara bergantian dipengaruhi oleh beberapa sensor, kecuali...
a. intake air temperature sensor
b. throttle position sesnor
c. water temperature sensor
d. ignition signal (engine rpm)
e. regulator
16. Sistem diagnosis pada sistem EFI terdapat sistem normal mode dan test mode, untuk mendapatkan output dari diagnostic code pada sistem normal mode antara lain dengan prosedur menghubungkan dua terminal pada data link connector (DLC) yaitu terminal...
a. E1 dan TE1
b. E1 dan TE2
c. E1 dan G1
d. E1 dan G2
e. G1 dan TE2
17. Komponen yang mendeteksi jumlah udara yang masuk melalui intake manifold pada mesin EFI tipe "D" adalah...
a. air valve sensor
b. oxygen sensor
c. air flow meter
d. throttle position sensor
e. manifold absolute pressure (MAP) sensor
18. Komponen sistem injeksi bahan bakar kontrol elektronik yang bertugas mendeteksi campuran bahan bakar adalah...
a. air valve sensor
b. oxygen sensor
c. air flow meter
d. throttle position sensor
e. manifold absolute pressure (MAP) sensor
19. Ciri utama sistem injeksi bahan bakar kontrol elektronik (EFI) tipe "L" adalah menggunakan...
a. air valve sensor
b. oxygen sensor
c. air flow meter
d. throttle position sesnor
e. manifold absolute pressure (MAP) sensor
20. Komponen sistem injeksi bahan bakar kontrol elektronik yang bertugas mendeteksi temperatur mesin adalah...
a. intake air temperature sensor
b. throttle position sensor
c. water temperature sensor
d. ignition signal (engine rpm)\
e. MAP sensor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar